Pembukaan Bisnis Center SMKN Mejayan, Menunjang Siswa Untuk Berwirausaha

bc

Potensi SMK yang meliputi SDM Guru dan Tenaga Kependidikan lainnya, Fasilitas baik berupa sarana, prasarana dan kebijakan serta kurikulum ternyata dapat mendorong terwujudnya pendidikan yang senantiasa dapat berinteraksi dengan lingkungan, baik sosial, budaya, maupun ekonomi.

SMK/MAK merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang memiliki tujuan pendidikan kejuruan yaitu menghasilkan tenaga kerja terampil yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia usaha/industri, serta mampu mengembangkan potensi dirinya dalam mengadopsi dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

SMK Negeri 1 Mejayan yang berdiri pada tanggal 1 Agustus 2013, dimana saat ini telah berusia 7 tahun memiliki 5 kompetensi Keahlian yaitu APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian), TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif), TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Montor), TO (Teknik Ototronik), dan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Pada tahun 2020/2021 ini jumlah siswa mencapai 1.180 yang terbagi dalam 36 kelas (12 kelas X, 12 kelas XI, dan 12 kelas XII). Selama ini pengembangan kewirausahan di 5 kompetensi keahlian belum tampak, dan hanya sekedar praktik. Hal tersebut tentu saja belum mendukung secara maksimal dengan profil lulusan yang diharapkan yaitu memiliki kemampuan produktif sesuai dengan bidang keahliannya baik untuk bekerja atau berwirausaha.

Program ini, kata Kepala Sekolah SMKN 1 Mejayan, SUHARTO ,MP.D , dimaksudkan untuk menggembleng siswa agar terbiasa berperilaku bisnis melalui learning by doing. “Ini sangat penting dimiliki oleh siswa sebagai bekal setelah mereka lulus dari sekolah”.

SMK Negeri 1 Mejayan memiliki program Bisnis Center unggulan sebagai berikut :

  • Unit TBSM/TO/TKRO

ServiceCenter GreenGroup ini menyediakan suku cadang sepeda motor, jasa layanan servis berkala kendaraan bermotor, ganti oli, poles menghilangkan jamur dan membuat mengkilap motor / mobil seperti baru, cuci motor, pembuatan rak pot dari besi.

  • Unit Cafe APHP

Dibangun dan diimplementasikan sebagai pusat pendidikan dan pelatihan bagi siswa dalam upaya membuat produk sendiri, penataan produk, packing produk dan penajaman skill bisnis siswa sekaligus sebagai unit usaha yang dikelola secara profesional. Menyediakan Produk Unggulan Roti Bluder APHP, dan Café untuk nyantai dan wifi gratis.

  • Unit Mini Market

Di Mini Market ini menyediakan makanan ringan, minuman-minuman dingin, dan ada juga beberapa barang sembako. Disini anak-anak diharap kan untuk bisa mendisplay produk ataupun memasarkan produk.

  • Unit RPL

Menyediakan penjualan alat” computer dan melayani service computer/laptop, desain logo, desain banner, pembuatan cutting sticker, sablon cup custom desain, pembuatan website komersil, aplikasi web/desktop dan juga sedia Topup Pulsa, Token PLN, dan berbagai Voucher Game.

Kegiatan ini, dijalankan dengan melibatkan siswa secara aktif dan dibimbing oleh bapak/guru yang berpengalaman dalam bidangnya masing” dengan tujuan untuk mengenalkan karakter berwirausaha bagi siswa, jadi fokusnya adalah di jurusan masing masing disiapkan siswa yang akan melakukan produk barang dan jasa, menata/menjelaskan/mendisplay produk barang dan jasa, dan memasarakan baik ke warga sekolah maupun ke masyarakat. (Sgp/21)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.