16 Siswa Tes TOEIC dari program SMK English Challenge 2024

tes-toiec-2024_3

Direktorat SMK bekerja sama dengan International Test Center (ITC) mengadakan program Fasilitasi Peningkatan Kompetensi dan Sertifikasi Bahasa Asing Siswa SMK dengan TOEIC. Di Era 5.0 ini, penguasaan Bahasa Inggris sangatlah penting. Karena penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan robot guna menciptakan kemudahan bagi segala kebutuhan masyarakat begitu masif juga memerlukan kemampuan Bahasa Inggris untuk memahaminya.

Aspek penguasaan Bahasa Inggris merupakan sebuah keharusan agar dapat menggunakan teknologi dengan lebih mudah dan dapat berkomunikasi secara internasional. Wardani Sugiyanto selaku Direktur Sekolah Menengah Kejuruan menyampaikan harapannya dengan adanya sertifikasi TOEIC ini dapat menjadi bekal dan additional value bagi para siswa-siswi SMK se-Indonesia untuk bekerja baik di perusahaan multinasional maupun internasional.

tes-toiec-2024_1

Peserta tahun ini sebanyak 16 siswa dan 1 Guru yang dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Agustus 2024. Pelaksaan Tes ini diawasi langsung Superviser ITC dengan Zoom Metting. Bagi siswa yang lolos penilaian akan mendapataan sertifikat Sertifikat TOEIC.

tes-toiec-2024_2

Berikut Kegunaan Sertifikat TOEIC

Saat ini, lebih dari 1000 perusahaan dan pemerintahan di dunia yang menggunakan tes TOEIC sebagai persyaratan perekrutan karyawan. Masa berlaku sertifikat TOEIC adalah 2 tahun. Apabila sudah lewat dari 2 tahun maka sudah tidak bisa digunakan lagi. Sebetulnya kegunaan sertifikat TOEIC sama saja baik untuk tamatan SMK, SMA atau Perguruan tinggi :

Sertifikat TOEIC biasanya digunakan sebagai persyaratan dalam melamar pekerjaan.
Menggambarkan kemampuan berkomunikasi aktif dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulis. TOEIC mempunyai spesialisasi untuk bekerja. Kalau untuk tujuan lanjut S2 diluar negeri gunakan TOEFL.
Dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh perusahaan dalam rekrutmen skilled workers.

Pemegang sertifikat adalah orang yang siap kerja dalam arti siap (apabila dibutuhkan) mengikuti pelatihan dengan bahasa prngantarnya bahasa inggris, misalnya pelatihan mengoperasikan mesin² industri. Atau mempelajari SOP dalam bahasa Inggris yang berlaku di industri.

banner-ppdb